Potensi Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang adalah kabupaten yang terletak di pantai utara Jawa Barat. Daerah ini terkenal dengan julukannya sebagai daerah “lumbung padi”, hal ini dikarenakan daerah ini merupakan salah satu penghasil beras terbesar di Indonesia sejak jaman kerajaan dulu. Dahulu kala, ketika jaman penjajahan Belanda yang terpusat di Batavia (Jakarta), kerajaan Mataram yang berpusat di Yogyakarta mengirimkan pasukan untuk menyerang Belanda di Batavia, dan daerah Karawang ini digunakan sebagai daerah transit untuk perbekalan makanan dikarenakan hasil berasnya yang melimpah. Cerita tersebut membuktikan bahwa dari sejak dulu daerah Karawang sudah terkenal sebagai daerah penghasil beras.

Akan tetapi, dengan kemajuan industri saat ini menjadi ancaman tersendiri bagi pertanian di Kabupaten Karawang. Daerah industri bermunculan di sekitar Karawang Barat dan Cikampek, apalagi dengan adanya rencana untuk pembangunan pelabuhan taraf Internasional di Utara Karawang sebagai perluasan pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta. Padahal daerah pantai Utara Karawang memiliki lahan padi yang sangat luas, yang sampai tulisan ini dibuat masih dipertahankan sebagai daerah penghasil beras.

Secara kehidupan sosial, Kabupaten Karawang dapat digolongkan sebagai daerah peralihan dari desa ke kota. Didaerah Utara masih banyak ditemukan desa-desa pertanian, dengan juragan-juragan tanah yang kaya, tapi di daerah Barat dan Timur (Cikampek) sudah banyak terlihat pengusaha-pengusaha industri dan karyawan yang lebih dominan. Pendatang dari berbagai daerah-pun sudah sangat banyak di daerah-daerah industri tersebut. Dari segi pola pikir masyarakatnya pun, daerah Karawang sudah tidak cocok lagi disebut dengan desa, tapi belum cocok juga bila disebut Kota, sehingga daerah Karawang termasuk daerah peralihan.

Penghasilan daerah Kabupaten Karawang cukup besar, terutama dari bidang pertanian beras dan industri. Akan tetapi sebenarnya masih banyak potensi yang dapat dikembangkan di kabupaten Karawang ini, tanpa harus meninggalkan kekayaan agraris yang dimiliki. Berikut akan saya coba bahas potensi-potensi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Karawang.

1. Pariwisata

Pariwisata di Karawang memiliki potensi yang besar dari segi sumberdaya alam, manusia, ataupun pasarnya. Dari segi sumberdaya alam, di Karawang terdapat potensi wisata dari pantai, danau, sampai gunung. Dari segi sumberdaya manusia, di daerah Karawang masih terlihat banyak pengangguran yang dapat diberdayakan dengan adanya daerah wisata tersebut. Dari segi pasar, kebanyakan pengusaha-pengusaha industri dan orang-orang kaya di Karawang lebih suka melakukan pertemuan bisnis atau wisata di luar daerah Karawang misal Bekasi, Subang, atau Purwakarta, hal ini dikarenakan di Karawang tidak ada tempat wisata atau pertemuan yang bagus. Berikut adalah potensi wisata di Kabupaten Karawang:

a. Pantai

Daerah Utara Karawang merupakan daerah pantai. Salah satu pantai yang terkenal adalah pantai “Tanjung Baru” dan “Pondok Bali”. Akan tetapi kedua pantai tersebut tidak memiliki fasilitas yang memadai hingga dapat disebut daerah wisata. Kondisi air yang keruh dan pantai yang kotor terlihat tidak terurus. Rumah makan sudah ada, tapi dengan kondisi yang kurang baik. Fasilitas penginapan belum ada. Tidak ada tiket masuk, kecuali peungutan liar oleh warga sekitar. Tidak ada wisata-wisata air seperti perahu, banana boot, dll. Mungkin langkah pertama yang perlu dilakukan untuk pengembangan pantai Karawang adalah dengan melakukan restorasi pantai, sehingga pantai di Karawang menjadi indah kembali sehingga cocok untuk daerah wisata.

b. Gunung

Didaerah Barat Daya perbatasan dengan Bogor, terdapat gunung “Sangga Buana”. Di gunung tersebut terdapat curug, sungai yang indah, dan daerah perkemahan. Pemandangan alamnya pun tak kalah dibandingkan puncak Bogor, Cuma bedanya tidak ada perkebunan teh seperti di puncak. Akan tetapi infrastruktur jalan ke gunung tersebut masih kurang baik, fasilitas penginapan masih kurang, pengelolaan yang kurang terhadap objek wisata, dan tentunya promosi yang kurang. Padahal jika dikelola dengan baik, tentunya bisa menjadi maestro pariwisata daerah Karawang.

c. Danau/ Bendungan

Di daerah Karawang terdapat bendungan yang cukup terkenal dikalangan masyarakat yaitu bendungan Walahar. Tempat ini sering dijadikan objek wisata masyarakat karena lokasinya yang cukup dekat dengan perkotaan dan akses jalannya yang bagus. Di lokasi ini sudah terdapat rumah makan dengan menu khas nya adalah berbagai jenis ikan air tawar. Akan tetapi masih dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan daerah wisata air, outbond, dan budidaya ikan disepanjang aliran sungai, serta penginapan.

Selain itu ada juga danau tadah hujang “Kamojing”. Didaerah ini hampir setiap sore ramai oleh warga cikampek dan sekitarnya untuk sekedar nongkrong-nongkrong, baik ketika danau penuh ataupun saat kering. Dan masih banyak lahan kosong di sekitar danau tersebut, sehingga berpotensi untuk membuat rumah makan dan tempat perbelanjaan. Akan tetapi penerangan di daerah ini masih kurang, sehingga di malam hari terasa gelap dan keamanan yang kurang.

d. Taman rekreasi

Di daerah Karawang belum ada satupun tempat rekreasi yang bertaraf nasional, bahkan untuk bersaing di tingkat rayon pun masih belum ada. Sehingga terkadang warga Karawang yang ingin berwisata lebih memilih berwisata ke luar daerah seperti Purwakarta, Subang, Bekasi, Jakarta, bahkan sampai ke Bogor dan Bandung. Taman Rekreasi yang bisa dibuat di daerah Karawang misalnya Water Boom, tempat bermain anak-anak, agritourism, wisata air, pegunungan, outbond,  dll.

e. Sejarah dan budaya

Karawang daerah pangkal perjuangan, moto ini bukannya tanpa arti, hal ini karena ketika jaman kemerdekaan ada suatu peristiwa yang terkenal dengan sebutan “Peristiwa Rengasdengklok”, yaitu ketika para pemuda menculik bung Karno ke daerah Rengasdengklok untuk mendesak bapak Bangsa tersebut segera mendeklarasikan Proklamasi Indonesia pada tanggal 15 Agustus 1945. Hasilnya pada tanggal 17 agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pun dibacakan di Jakarta.

Daerah kecamatan Rengasdengklok terdapat di Utara Kecamatan Karawang, akan tetapi akses jalan kesana masih kurang bagus. Lalu tugu proklamasi yang berada disana terlihat tidak terurus begitu juga dengan musieum-nya. Padahal daerah tersebut memiliki cerita historis yang tinggi dalam kemerdekaan bangsa Indonesia, bahkan berdasarkan peristiwa itulah moto Kabupaten Karawang dibuat, akan tetapi Pemda dan warga Karawang sendiri terlihat tidak mengurusnya dengan baik.

Selain itu di daerah Karawang terdapat candi Jiwa yang terletak di daerah Batujaya. Banyak ilmuwan menduga bahwa situs candi Jiwa merupakan situs Kota yang dapat mengambarkan peradaban pada jaman kerajaan Tarumanegara (salah satu kerajaan tertua di Jawa). Bahkan ada yang menyebut kemungkinan bahwa daerah tersebut pernah menjadi ibukota dari kerajaan Tarumanegara, berdasarkan banyaknya benda-benda sejarah yang ditemukan di daerah tersebut. Akan tetapi penelitian dan penggalian seperti tidak mendapat dukungan oleh pemerintah, tidak ada museum yang bisa digunakan untuk melestarikan cagar budaya tersebut, juga warga sekitar yang justru menjual bata-bata yang ditemukan sebagai bahan bangunan. Kurangnya kepedulian warga dan pemerintah untuk melestarikan sejarah bangsanya. Padahal jika sejarah tersebut terungkap, dapat meningkatkan harga diri warga sekitar, dan tentunya jika dikelola dengan baik dapat menjadi menambah pemasukan dana bagi warga sekitar dan pemerintah.

f. Festival

Festival yang sudah terkenal di Karawang ada “Mojang Jajaka Karawang” dan parade Kemerdekaan. Mungkin jika ditambahkan dengan festival Panen Raya akan lebih menampilkan identitas dari Kabupaten Karawang itu sendiri.

2.  Bisnis

a. Perhotelan

Di Kabupaten Karawang tidak ada satupun Hotel Berbintang, padahal potensi pengusaha dan bisnisnya cukup tinggi. Kebanyakan pengusaha atau pebisnis lebih memilih menginap di daerah Purwakarta kerena terdapat hotel berbintang dan penginapan wisata yang bagus.

Dengan potensi wisata yang bagus, maka potensi penginapan dan perhotelan di Karawang juga seharusnya menjajikan.

b. Hiburan

Bisni hiburan di Kabupaten Karawang juga cukup menjajikan. Dengan jumlah warga yang banyak dan bervariasi dari berbagai suku, maka pasar untuk bisnis hiburan cukup berpotensi. Apalagi klo saya perhatikan tingkat stres dari warga Karawang cukup tinggi, faktornya antara lain, adanya tiga daerah industri besar di wilayah Karawang, yaitu KIIC, Pupuk Kujang, dan sebagian dari BIC.

c. Perbelanjaan

Daerah perbelanjaan modern seperti mall belum dikelola dengan baik, misalnya mall yang terdapat di kecamatan Cikampek, yang tidak seperti mall yang berada di kota-kota besar.

d. Bioskop

Di Karawang belum ada bioskop besar seperti XXI atau 21. Yang ada hanya bioskop lokal, tentunya film yang ditayangkan pun tidak up to date.

3. Pertanian

Lahan pertanian yang sangat luas dapat digunakan sebagai penelitian padi nasional, untuk mencari bibit unggul yang dapat tahan terhadap serangn Hama dan kekeringan. Hal ini bisa dimulai dengan menjalin kerjasana yang baik dengan Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang pertanian dan sosial.

Hasil dari penelitian tersebut tentunya adalah pendapatan daerah yang meningkat, terutama dari bidang pertanian. Bahkan seharusnya Karawang bisa menjadi daerah lumbung padi nasional seperti pada jaman kerajaan Mataram.

4.  Industri

Industri di Karawang berkembang karena lokasinya yang dekat dengan Ibukota Jakarta, serta menjadi pintu gerbang Ibukota Jakarta dengan adanya Gerbang tol Cikampek. Selain itu lahannya yang masih luas, serta masyarakatnya yang cukup padat apalagi dengan datannya pada pendatang. Sehingga potensi Industri di Karawang cukup bagus, hal itu dibuktikan dengan adanya tiga kawasan industri besar di Karawang yaitu KIIC, Pupuk Kujang, dan sebagian wilayah BIC.

Akan tetapi perkembangan industri di Karawang dapat mengancam identitas Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi, apalagi apabila rencana pembangunan internasional di Utara Karawang jadi terealisasikan.

Previous Post
Leave a comment

Leave a comment

  • Categories

  • Arsip

  • Recent Posts

  • Meta

  • Blog Stats

    • 39,784 hits